Cari Di Blog ini

Belajar VB6 Mengenal Area Kerja

Setiap saya mnggunakan suatu program atau memainkan game di komputer ,sering terlintas dalam pikiran saya untuk membuat game atau program-progam yang lain.
Tapi bagaimana caranya?,Sedang saya hanya tamatan STM dan mengenal komputer juga belum lama.

Saya coba-coba cari infonya di internet. dan jawabanya adalah saya harus bisa bahasa pemrograman.
Saya coba lagi cari info Software atau program apa yang bisa saya gunakan ,Ternyata banyak pilihannya.

Akhirnya saya mencoba Visual Basic 6.0

Saya mulai cari buku-buku pedoman visual Basic.
Ternyata sangat susah belajar pemrograman , tapi untunglah saya punya banyak waktu untuk mempelajarinya ,karena pekerjaan saya berdagang.
Jadi sambil tunggu warung sambil belajar VB.

Tahap Pertama adalah Saya Harus Kenal dan Paham Dengan Area Kerja Visual Basic


  1. Control Menu
  2. Menu
  3. Toolbar
  4. Toolbox
  5. Form Window
  6. Project Explorer
  7. Jendela Properti
  8. Form Layout Window
Keterangan Singkat:
  1. Control Menu di gunakan untuk memanipulasi Jendela Visual Basic 6.0
  2. Menu berfungsi sebagai perintah untuk menjalankan Tugas tertentu, Kita bisa Menggunakan Mouse untuk memilih perintah-perintah yang disediakan atau kita juga bisa menggunakan kombinasi tombol ALT + Keyword
  3. Toolbar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu ( Perintah Bergambar )
  4. Toolbox berisi gambar / icon-icon yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat suatu program / aplikasi.Kita bisa Menambah icon-icon di Toolbox dengan cara memilih menu Project > Components
  5. Form Window Berfungsi sebagai media kerja kita.di Form window ini kita bisa meletakkan berbagai object atau Control.
  6. Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi Visual Basic kita.Setiap Aplikasi dalam Visual Basic disebut Project, dan setiap Project dapat mengandung lebih dari satu file ,Misal Form, Modul dan lain-lain.
  7. Jendela Propertis merupakan jendela yang mengandung semua informasi tentang objek yang terdapat pada aplikasi Visual Basic.Fungsi Propertis ini sebagai pengatur karakteristik dari suatu objek, misal Nama Control ,Warna atau ukuran teks dan lain-lain.
  8. Form Latout Window digunakan untuk menggambarkan posisi Form di layar monitor
Untuk Sementara Cukup Sekian dulu .
Pasti banyak istilah atau keterangan yang salah dalam tulisan saya, mohon info dan koreksinya.
Maklumlah Karena saya baru mulai belajar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar